Bentor Kandangan


Bentor Makasar, Gorontalo, Kandangan, Palangkaraya, Kota Kotamobagu

Bentor Makasar, Gorontalo, Kandangan, Palangkaraya, Kota Kotamobagu

Adanya dinamika dan perkembangan di masyarakat serta kebutuhan transportasi yang sangat variatif, akhirnya di Kab. Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan tepatnya di Kandangan memunculkan sebuah alternatif baru sarana transportasi yaitu berupa Becak Motor (Bentor). Bentor ini sebenarnya sudah lama ada di kota-kota lain, seperti Gorontalo, Medan, Aceh, Makasar, Palangkaraya dll. Dalam perjalanannya di satu sisi Bentor ini menjadi solusi masalah alternatif transportasi dan juga masalah alternatif pekerjaan bagi masyarakat, namun di sisi lain juga menjadi permasalahan karena desain bentor tidak sesuai, karena tidak melalui wajib uji tipe Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Dirjan Perhubungan Dirjen Perhubungan Darat.

Bentor Medan dan Aceh

Bentor Medan dan Aceh

Dari segi ukuran dan desain bentor ini dinilai sangat rentan mengalami kecelakaan dan tidak memenuhi standar keamanan bagi penumpang. Dan juga menjadi sebab adanya penurunan pemasukan bagi sopir mikrolet, dan becak sehingga menimbulkan kecemburuan karena legalitas bentor yang masih mengambang. Secara desain masyarakat sendiri melakukan modifikasi yang tidak sesuai dengan peruntukan. Mengingat dari segi aero dinamis, betor tidak mendukung sebagai sarana transportasi umum, karena pada kecepatan tertentu sangat mudah terjungkal, tidak memiliki rem depan, dan posisi penumpang berada di depan.

Di beberapa daerah yang sudah bermunculan bentor, mengalami kesulitan untuk melegal kan keberadaan bentor. Ada beberapa Aspek yang menimbulkan kesulitan ini, yaitu :

1.  Aspek Legal

– Tidak memenuhi standar dan etika berlalu lintas sesuai UU No 22 Tahun 2009

– Bertentangan dengan Keputusan Dirjen Perhubungan Darat 1109/AJ.402

Bentor sesuai Keputusan Dirjen Perhubungan Darat 1109/AJ.402/DRJD/2008

Bentor sesuai Keputusan Dirjen Perhubungan Darat 1109/AJ.402/DRJD/2008

/DRJD/2008 tentang Pengesahan Rancang Bangun dan Rekayasa Rumah-rumah (Karoseri) di Landasan Kendaraan Bermotor Roda Tiga untuk Angkutan Penumpang

2.  Aspek Teknis

– Penumpang berada di depan sementara hanya memiliki rem belakang

– Rawan kecelakaan bagi penumpang saat direm mendadak (penumpang bisa terlempar ke depan)

– Bentuknya yang lebar hanya disanggah satu pengendali untuk batang setir, bukan angkutan barang apalagi penumpang

– Berat maksimum daya angkut motor 100 kg. Sementara berat kosong bentor sudah mencapai 200 kg.

Bentor Pagaralam, Palembang

Bentor Pagaralam, Palembang

Dengan keluarnya Keputusan Dirjen Perhubungan Darat ini bukan berarti menyelesaikan masalah, karena mayoritas masyarakat menolak merubah desain bentor mereka dengan alasan sudah mengeluarkan dana untuk membuat kerangka bentor yang ada sekarang (Kasus di Kandangan kerangga bentor siap pakai seharga 5 juta ), dan juga desain kerangka yang ditawarkan oleh Dirjen Perhubungan Darat sangatlah mahal harganya, karena harus merubah motor yang awalnya “motor bebek” menjadi “motor laki” dan juga harga kerangka nya juga sangat mahal . Akhirnya masalah ini menjadi berlarut larut.

Bentor Kandangan : Salah satu model bentor kandangan yang berbeda dengan yang kebanyakan, Penumpang disamping.

Bentor Kandangan : Salah satu model bentor kandangan yang berbeda dengan yang kebanyakan, Penumpang disamping.

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: