Batumbang Anak


Batumbang anak jar urang tu …. kaya itu pang urang banjar manyambatnya

Ini merupakan satu tradisi pada Hari Raya baik Iedul Fitri dan Iedul Adha bagi orang Banjar, khususnya daerah Pahuluan (Banua Anam) adalah batumbang anak. Acaranya biasa didelar setelah kita selesau shalat Ied. Tradisi Batumbang merupakan tradisi turun temurun ratusan tahun yang lalu dengan batumbang diharapan anak akan cepat bisa berjalan nantinya, tumbuh sehat dentunya minta doa kepada yang hadir untuk menjadi anak yang shaleh dan menjadi qurrataa’yun bagi keluarga dan masyarakat. Prosesinya pun cukup sederhana

Batumbang

Batumbang

Pertama, kalo acaranya di Masjid biasanya anak digendong oleh petugas mesjid kemudian dijalankan untuk meniti anak tangga mimbar khatib sambil diiringi dengan salawat kepada nabi. setelah itu warga yang sudah berkumpul di dalam mesjid bersiap-siap untuk berebut uang receh yang sudah disediakan juga diiringi dengan salawat uang receh pun dihamburkan.

Kedua, kalo dirumah biasanya dengan cara digendong/didirikan dengan sejejar wadai apam yang sdah ditusuk pada pelepah kelapa.

Acara terakhir pembacaan doa dan dilanjutkan dengan makan-makan.

Terlepas dari pembahasan bid’ah ataupun tidak, secara sosial dan kebaikan banyak hal yang positif bisa kita ambil bersama, Paling tidak di hari yang dilarang oleh Rasulullah SAW untuk kita bersedih dan diperintahkan bersuka cita, maka dihari inilah kita berbagi kecerian dengan makan bersama, shadaqah ke orang lain, berdo’a bersama untuk kebaikan kita barataan.

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: