Sopir Mikrolet HSS Demo


Demontrasi sopir mikrolet ini merupakan imbas negatif dari keberadaan alat transportasi baru, Bentor. Demo ini dilakukan pada hari hari

Sopir Mikrolet HSS Demo Menentang Keberadaan Bentor

Sopir Mikrolet HSS Demo Menentang Keberadaan Bentor

ini Kamis, 29 Desember 2011. Kebetulan tadi ada urusan ke Pemda HSS, jadi sekalian lewat dan pas lampu merah akhirnya disempatin untuk moto. Tuntutan mereka adlah agar Pemerintah Daerah menegakkan hukum yang berlaku, khususnya UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang mana secara implisit tidak sejalan dengan keberadaan bentor dengan bentuk / modifikasi yang ada seperti di HSS (Penumpang di depan). Sebenarnya ini juga menyangkut masalah penghidupan orang, karena dengan adanya bentor yang bebas dan memakai jalur rute trayek mikrolet, membuat penghasil sopir mikrolet menjadi sangat berkurang.

Tulisan  saya sebelumnya tentang Bentor Kandangan  mengulas sedikit latar belakang tentang masalah ini. Lalu sempat saya ulas lagi dalam Bentor Kandangan (Plus Minus) yang salah satu minusnya adalah adanya gesekan antara bentor dan mikrolet.

Sebenarnya permasalahan ini sudah beberapa kali dilakukan pembahasan dan rapat antar pihak terkait, baik di DPRD maupun di Kantor Dishubkominfo. Salah satu nya adalah  Pertemuan Para Supir Bentor dan Pengusaha Bentor dengan Instansi terkait pada tanggal 19 Desember 2011 di Kantor Dishubkominfo yang dihadiri Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kasatlantas Polres Hulu Sungai Selatan, Kadishub Kabupaten Hulu Sungai Selatan,  Kepala Jasa Raharja Cabang Kandangan, Yang mewakili Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Yang mewakili Kabag Hukum Setda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan  Para Supir Bentor dan Pengusaha Bentor. Yang akhirnya mempunyai kesepakatan sbb :

  1. Untuk keselamatan penumpang tiap bentor roda dua depan harus dilengkapi dengan rem cakram, paling lambat 5 bulan (9 Mei 2012).

  2. Para pemilik bentor bersedia akan merubah bentornya yang semula penumpang di muka akan diganti dengan penumpang di samping atau di belakang sesuai dengan aturan yang berlaku paling lambat akhir tahun 2013.

  3. Para pemilik bentor dengan cara kredit mereka bersedia merubah bentornya dari penumpang di muka menjadi di samping atau di belakang paling lambat akhir tahun 2014.

  4. Para pengusaha bentor, untuk memproduksi bentor agar disesuaikan dengan ketentuan yang ada, yaitu membuat bentor dengan penumpang di samping atau di belakang.

  5. Mengenai jalur yang dilalui yang dikehendaki oleh pihak taksi kota bahwa bentor tidak boleh melalui jalur kota seperti Jalan A.Yani, pihak supir bentor sangat keberatan karena ini adalah Jalan Nasional dan alternative lain untuk membawa penumpang tidak ada. Terhadap jalur yang tidak boleh dilalui, disarankan oleh pihak taksi kota tidak boleh dilaui oleh bentor akan dibicarakan lagi dengan mempertemukan para perwakilan supir bentor dan supir taksi serta mengundang pihak-pihak yang terkait yang direncanakan setelah berkonsultasi dengan pihak DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk memfasilitasi.

  1. Untuk mengantar ke luar Kabupaten Hulu Sungai Selatan tidak diperkenankan kecuali sangat mendesak sekali seperti mengantar orang sakit untuk berobat harus mendapat ijin dari Dinas Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

  1. Pihak Jasa Raharja akan mengupayakan agar para penumpang ada jaminan asuransi.

  2. Telah dibentuk persatuan pengemudi bentor Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dan untuk menindaklanjuti pertemuan ini, akhirnya kembali dilakukan rapat pada hari kemarin, 28 Desember 2011 di Kantor Dishubkominfo yang dihadiri Kasatlantas Polres Hulu Sungai Selatan, Kadishub Kabupaten Hulu Sungai Selatan,  Kepala Jasa Raharja Cabang Kandangan, Yang mewakili Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Ketua Organda, Para Sopir Mikrolet, dan  Para Supir Bentor dan Pengusaha Bentor.

Namun pertemuan ini tidak maksimal, karena para sopir mikrolet tetap ngotot dengan pendapatnya dan tak ada win-win solution. Dari Pemerintah daerah ingin memfasilitasi kedua alat angkutan ini dazn tentunya secara bertahap akan menyesuaikan dengan ketentuan hukum yang ada, dan akan  mengatur keberadaan Bentor dengan Perbup/SK Bupati tentang wilayah operasi, administrasi dan kelengkapan Bentor, untuk meminimalkan gesekan dengan mikrolet.

Sedangkan sopir mikrolet hanya menawarkan opsi, bahwa harus ada salah satu antara mikrolet atau bentor yang harus di hapus di HSS. Dan sopir mikrolet siap kalau kebijakannya adalah menghapus mikrolet dengan konfensasi Rp 50 juta per buah mikrolet. Setelah diskusi panjang, dan akhirnya mentok, ditengah diskusi ini para sopir akhirnya walk out dari ruang rapat. dan rapat dilanjutkan tanpa kehadiran sopir mikrolet.

Akhirnya hari ini, sopir mikrolet kembali memperjuangkan aspirasi mereka.

Walaupun menurut saya, sebenarnya tidaklah bijak kalau opsi penghapusan dari salah satu alat transportasi ini, karena akan sama-sama memberatkan bagi kedua belah pihak. Kalau bentor dihapuskan, maka akan banyak masyarakat yang menolak karena kebanyakan para pemilik bentor mengkredit kendaraan di Bank, sehingga akan sangat memberatkan. Begitupula apabila dengan mikrolet yang dihapus.

Semoga komunikasi akan terus terjalin dan akan ada solusi yang tepat agar tidak ada pihak yang terzhalimi.

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: