“Kada Gugur Banyu di Ganggam”


“Kada Gugur Banyu di Ganggam”

Istilah yang baru-baru ini saya dengar dari Wakil Bupati HSS, H. Ardiansyah, S.Hut ketika memberikan arahan dalam apel senin di Kantor Bupati. Istilah ini merupakan istilah orang banjar  yang menggambarkan tentang sifat pelit. Orang yang memiliki sifat jelek ini akan terlalu bergantung pada harta sehingga enggan untuk berinfak atau mengeluarkan hartanya di jalan yang wajib atau pun di jalan yang disunnahkan. Bahkan sifat pelit ini dapat mengantarkan pada pertumpahan darah, menghalalkan yang haram, berbuat zholim, dan berbuat fujur (tindak maksiat). Sifat ini benar-benar akan mengantarkan pada kejelekan, bahkan kehancuran di dunia dan akhirat.

Secara Harfiah :
Kada   :  Tidak
Gugur :  Jatuh
Banyu : Air
Di Ganggam : di genggaman

Orang pelit diartikan sebagai orang yang paling sulit untuk berpisah dengan uangnya. Sifat pelit ini sepertinya tidak ada hubungannya dengan kekayaan. Ada orang miskin yang pelit, ada orang kaya yang pelit. Tapi untuk orang kaya yang pelit ada kecenderungan semakin dia kaya semakin parah penyakit pelitnya. Kalau terpaksa sekali membeli sesuatu barang, dia akan mencari barang dengan harga yang paling murah.

Secara Universal dan juga dalam masyarakat Banjar sifat pelit sangatlah jelek dan merusak hubungan sosial. Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda : “Waspadalah dengan sifat ‘syuh’ (tamak lagi pelit) karena sifat ‘syuh’ yang membinasakan orang-orang sebelum kalian. Sifat itu memerintahkan mereka untuk bersifat bakhil (pelit), maka mereka pun bersifat bakhil. Sifat itu memerintahkan mereka untuk memutuskan hubungan kekerabatan, maka mereka pun memutuskan hubungan kekerabatan. Dan Sifat itu memerintahkan mereka berbuat dosa, maka mereka pun berbuat dosa” (HR. Ahmad 2/195. Dikatakan Shohih oleh Syaikh Al Arnauth)

Sifat pelit ternyata juga bukan semata-mata urusan ’duit’. Ada orang yang pelit untuk membagikan ilmunya kepada rekan-rekannya, seakan-akan ilmu itu bakal habis kalau dibagi-bagikan. Ada dosen yang pelit untuk memberi nilai yang bagus kepada anak didiknya, seakan-akan nilai bagus seperti emas nilainya. Kebalikan dari sifat pelit ini adalah sifat murah hati, atau dermawan. Dari kacamata orang pelit ’murah hati’ diartikan sebagai sifat royal dan suka menghambur-hamburkan uang tanpa tujuan. Namun dari sudut yang lain murah hati, dermawan malah yang akan memberikan kita rasa kaya raya.

Firman Allah Ta’ala dalam surat Ath Taghobun ayat 16, yang menyinggung masalah ini :

وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Dari ayat inilah ada sebuah doa yang patut kita baca :

اللَّهُمَّ قِنِي شُحَّ نَفْسِي وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُفْلِحِينَ

Allahumma qinii syuhha nafsii, waj’alnii minal muflihiin” (Ya Allah, hilangkanlah dariku sifat pelit(lagi tamak), dan jadikanlah aku orang-orang yang beruntung).

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: