Keindahan Bukit Pegunungan Meratus


Di Kalimantan ada gunung panjang yang membentang dari arah barat hingga ke bagian timur pulau ini. Gunungnya memang tak terlalu tinggi, namun dapat kita bayangkan luas dan panjangnya karena membentang melalui tiga Provinsi yaitu Kalimantan Selatan dan Tengah serta Timur. Gunung yang tumbuh berjajar di sepanjang jalur ini disebut sebagai Gunung Meratus.

TAK ada gambaran jelas yang pasti tentang berapa panjang dan banyaknya gunung tersebut. Adapun yang digambarkan sementara ini sebagian besar diperkirakan hanyalah reka-reka yang tak pasti – baik soal jumlah gunung maupun ukuran panjangnya. Buku “Di Pedalaman Borneo“ yang ditulis oleh A.W. Nieuwenhuis pada tahun 1894 pun bahkan tidak menyebutkan hal itu.

Meratus adalah nama pegunungan di Kalimantan Selatanyang membentang dari selatan di Kab. Tanah Lauthingga ke utara dekat perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Di sepanjang pegunungan ini terdapat banyak perkebunan karet.

Adapun bukit di pegunungan meratus  yang saya sempat ambil keindahannya adalah bukit-bukit di sekitar Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Mandiangin  seperti yang saya tulis sebelumnya dalam blog ini. Bukit  ini adalah Bukit Ganal, bukit pamaton, bukit

Senja di Bukit Ganal

Senja di Bukit Ganal

Kebanyakan bukit terbetuk  tanah merah keras dan berbatu, di beberapa lokasi akan ditemui tanah basah . Semakin naik ke atas bukit, tiupan angin semakin keras dan mengeringkan keringat.  Mungkin inilah yang menjadi penyebab kawasan hutan lindung ini dinamakan Mandiangin. Sehingga untuk mendinginkan tubuh tidak usah lagi mandi air. Tanjakannya lumayan curam dan saat menuruni lereng, sebaran bebatuan kerap merepotkan.

Jalan Menanjak, Terjal dan Licin Berbatu

Jalan Menanjak, Terjal dan Licin Berbatu

Senja di Pegunungan Meratus

Senja di Pegunungan Meratus

Matahari Terbit di Puncak Bukit Pamaton

Matahari Terbit di Puncak Bukit Pamaton

Pohon dilereng bukit berbatu

Pohon dilereng bukit berbatu

Air Terjun di Bukit Ganal

Air Terjun di Bukit Ganal

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

2 responses to “Keindahan Bukit Pegunungan Meratus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: