Pilar Kebangkitan Politik Islam Dunia Arab


Sungguh luar biasa perkembangan dunia Islam saat ini, salah satunya adalah adanyagelombang revolusi arab. Kembalinya kekuatan politik Islam mulai terlihat dengan berkembangnya kekuatan politik umat Islam di berbagai Negara, baik di Asia, Erofa dan juga Afrika.  Kekuatan politik umat Islam di akhir abad 20 ini dimulai dengan menangnya Partai Keadilan dan Pembangunan di Turki dan dengan melejitnya pamor tokoh partainya yang juga Perdana Menteri Turki, Erdogan dan kemenangan Hammas di Palestina. Dan puncak dari arus kebangkitan politik Islam ini adalah ketika adanya gelombang revolusi Arab yang membawa kemenangan bagi Partai An Nahdhah di Tunisia dengan lebih dari 35% dan punya perdana menteri sekarang, Partai Kebebasan dan Keadilah  di Mesir, walaupun masih berjalan pemilunya, tapi ini dapat dibayangkan dari sekarang bahwa mereka bisa mendapatkan lebih dari 40% dan Partai Keadilan dan Pembangunan di Maroko dapat 27% dan insya Allah juga akan membentuk pemerintahan.

Dan juga dalam waktu dekat ini juga akan ada pemilu di Jordan. Kemudian nanti bulan Agustus yang akan datang akan ada pemilu di Libya, dengan nama partainya Al Jabhah wathoniyah lil hurriyyah wal ‘adalah wat tanmiyyah.

Tentunya semua ini merupakan kemajuan sekaligus tantangan yang sangat besar bagi dunia Islam, peluang yang terbuka lebar untuk dapat berperan dalam pemerintahan dan terlepas dari rezim tentunya merupakan kabar gembira bagi gerakan dakwah islam. Dengan adanya peluang ini tentunya diharapkan akan ada perubahan signifikan dalam dunia politik Islam, akan banyak kebijakan yang populis bagi rakyat, berorientasi bagi kemaslahatan rakyat dan sejalan dengan norma Islam.

Peluang ini sangat dirasakan di jazirah arab, dan sudah dilihat hasilnya gerakannya seperti dipaparkan di atas, dan kita tunggu saja perkembangan selanjutnya di negara-negara yang lain.

Bahkan  dari kabar angin, Arab Saudi secepatnya juga akan merubah negaranya menjadi Monarchi Konstitusional, dalam artian akan ada Perdana Menteri yang memimpin Pemerintahan dan akan ada wakil rakyat yang dipilih lewat Pemilu. Ini tentunya kemajuan yang kuar biasa bagi Arab Saudi yang sudah sekilan lama memegang konsep Monarchi.  Dengan  Monarchi Konstitusional maka Arab Saudi akan seperti Jepang, Malaisya, Inggris dan negara lain yang tetap mempertahankan budaya kerajaannya sebagai simbol namun dikawinkan dengan konsep demokrasi konstitusinal.

Begitulah perkembangan dunia arab, kalau erofa sedikit saya bahas pada tulisan Shifting of Civilization yang mana Erofa juga akan memberikan kontribusi besar terhadap gerakan Islam ke depan.  Untuk lebih lengkapnya tentang perkembangan politik Islam, maka baca juga tulisan saya sebelumnyaEfek Bola Salju Revolusi Arab (Kembalinya Kekuatan Islam Politik) https://avivsyuhada.wordpress.com/2011/12/20/efek-bola-salj…-islam-politik/ , Perjalanan Pemikiran Politik Islam. https://avivsyuhada.wordpress.com/2011/12/27/perjalanan-pem…-politik-islam/ dan Sejarah dan Harapan Kemenangan.

Sekarang yang menjadi tantangan bagi kita adalah perkembngan di Kawasan Asia Tenggara, yang tentunya menjadi beban dan PR di pundak kita. Insya Allah akan saya coba bahas ditulisan yang akan datang.

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: