Wisata Sungai Nagara dengan Bus Air Sinar Daha


Wilayah Nagara yang meliputi Kec. Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat di Kab. Hulu Sungai Selatan memiliki daya tarik tersendiri. Sebuah daerah yang memiliki dua sarana transportasi yang sama-sama menjadi andalan masyarakat, transportasi darat dan sungai. Sungai menjadi jalur transportasi yang lebih awal digunakan masyarakat pribumi banjar. Dengan berkat sungai pulalah perdagangan antar daerah menjadi bangkit. Perdagangan, dan juga kehidupan masyarakat sampai sekarang tak bisa terlepas dari berhubungan dengan sungai. Mulai dari mandi, mencuci, berwudhu, alat tansportasi masyarakt ke pasar, anak-anak mau ke sekolah, menjual barang jualan dll semuanya dilakukan di sungai, selain juga lewat jalur darat.

Disisi yang lain kehidupan masyarakt ini memiliki nilai eksotik yang berbeda dan tentunya sangat jarang orang perkotaan melihatnya, ditambah lagi dengan aspek wisata sungai yang lain, seperti keindahan di hamparan sungai dan rawa, memancing ikan, dan yang terkenal adalah wisata kalang hadangan (kerbau rawa).

Kalau kita sudah masuk pada hamparan sungai nagara maka membentang pemandangan yang sungguh eksotik dan romantik, hamparan rawa yang seolah-olah tiada bertepi, di kejauhan terlihat kecil-kecil para nelayan sungai yang mencari ikan dengan perahunya. Terlihat  aktifitas harian masyarakat yang sungguh menarik.

Sekarang kita dapat menikmati wisata ini dengan lebih eksklusif yaitu bukan hanya dengan menggunakan jukung (perahu kecil), atau kelotok, tapi sekarang sudah tersedia sebuah Bus Air Sinar Daha (milik Pemkab. HSS) yang siap melayani  wisata dan kebutuhan transportasi masyarakat. Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan merasakan fasilitas dari Bus Air  Sinar Daha ini.

Bus Air yang setiap harinya  bertambat di Dermaga Nagara (Kec. Daha Selatan) mampu memuat sekitar 58 penumpang ini terkesan eksklusif dan sangat enak untuk dijadikan alat wisata. Bus Air ini memiliki banyak fasilitas dan standar  kelengkapan sebuah alat transportasi. Tersedia kursi yang refresentatif  seperti di Bus atau Pesawat Terbang, yaitu kursi yang dapat diatur posisi tegak dan miringnya. Tersedia juga Dapur Kecil, Dispenser, Televisi dan VCD, Buku Bacaan, WC,  Radar, GPS, Pelampung Keselamatan, CCTV, Alat deteksi Kebakaran dll.

Kursi Penumpang di Bus Air Sinar Daha

Kursi Penumpang di Bus Air Sinar Daha

Ruang Kendali

Ruang Kendali

Fasilitas Organ : Kalau dibutuhkan

Fasilitas Organ : Kalau dibutuhkan

CCTV

CCTV

Radar

Radar

GPS

GPS

Bus Air ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat acara Ulang Tahun, Perpisahan, Pisah Sambut Jabatan, Tasyakuran, Wisata Sekolah dll, bahkan untuk acara seperti ini kita bisa menambah faslitas Organ, sehingga acara akan lebih rame dan akan berlangsung di sepanjang sungai Nagara.

Nah . . untuk masalah dana sewa Bus Air (sesuai info yang saya dapat) adalah sebagai berikut : untuk jalur Nagara – Bajayau (Kec. Daha Barat) Rp.600.000, Nagara – Margasari (Kab. Tapin) Rp. 870.000. Nagara – Marabahan (Kab. Barito Kuala) Rp. 1.175.000 dan untuk Nagara – Banjarmasin Rp. 1.705.000. (Kata pihak yang berwenang tarif ini mash bisa berubah  menyesuaikan harga solar). Sedangkan kalau mau menggunakan fasilitas tambahan Organ, maka menambah dana sekitar Rp. 400.000 (MC, Penyanyi dan Pemain Organ)

Sungguh banua banjar dan bumi Antaludin, lebih khusus daerah Nagara, memiliki potensi yang banyak. Dan salah satunya adalah wisata dan perdagangan.

Ayo kawan-kawan, cintai lingkungan  dan budaya kita.

Ayo ke Nagara

Merah Putih di Pucuk Bus Air

Merah Putih di Pucuk Bus Air

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: