Kutipan Singkat “Politik Islam”


Ini merupakan kutipan kutipan singkat yang saya suka tentang politik Islam. Kutipan kutipan ini saya ambil dari beberapa buku yang pernah saya baca pada beberapa tahun yang lalu, dan kutipan ini pernah saya tulis tangan dalam buku khusus   yang memuat tentang kutipan kutipan yang suka dari buku yang pernah saya baca. Dan sekarang saya tulis ulang dalam blog ini. Memang tidak berkaitan antara kutipan satu dengan yang lain namun punya satu tema yang erat. Selamat membaca . . .

———————————————————

Sebelum runtuhnya Khalifah  Turky Utsmany kita mengenal adanya imprealisme modern, yang tujuannya adalah sebagai berikut :

  1. Menaklullan Islam yang merupakan kekuatan penyeru pembebasan dan perlawanan melawan musuh.
  2. Menghancurkan Khilafah yang merupakan symbol tempat kaum muslimin bersatu guna membela Islam.
  3. Membuka lahan baru untuk memasarkan hasil industri yang meledak pasca kebangkitan industri.
  4. Memperluas jangkauan Negara imprealis
  5. Mengambil asset Negara jajahan
  6. Memamfaatkan potensi rakyat jajahan untuk kepentingan Negara-negara imprialis.

(Wajah Dunia Islam dari  Dinasti Bani Umayyah Hingga Imprealisme Modern, Dr. M. Sayyid Al Wakil, Pustaka Al kautsar, Hal. 306)

Imam Ibnul Qayyim mengutip perkataan Al Imam Abul Wafa bin Usail Al Hambaly bahwa ; politik adalah suatu kinerja yang dengannya manusia bisa menjadi lebih dekat kepada perbaikan dan lebih jauh dari kerusakan selagi tidak bertentangan dengan syari’at. Lalu Ibnul Qayyim menyebutkan ; politik yang adil tidak akan bertentangan dengan apa yang ditetapkan syari’at dan sejalan dengannya bahkan politik merupakan bagian dari syari’at .

(Fiqih Daulah dalam Persfektif Al Quran dan Sunnah, Dr. Yusuf Qardawi, Pustaka Al Kautsar, Hal. 137)

Al Quran telah mengungkap  persekutuan yang kotor antara tiga pihak, yaitu :

  1. Pemimpin yang sewenang-wenang atau tirani di muka bumi Allah dan menguasai hamba-hambanya, inilah Fir’aun (QS. An Nazi’at : 24 dan QS. Al Qashash : 38)
  2. Politikuss penjilat yang membanggakan kecerdikan dan pengalamannya dalam mengabdi kepada pemimpin yang thagut, inilah Hamam
  3. Kapitalis dan Feodalistik yang berkoalisi dengan penguasa zalim, yang mendukung penguasa itu dengan harta-hartanya dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari penguasa ( QS. Al Mukmin : 23-24 dan QS. Al Ankabut : 39)

Pada dasarnya tolong menolong dengan orang yang berbuat zhalim ini merupakan suatu yang haram. Namun ada kondisi-kondisi yang membuat keluar dari hokum dasar ini, di antaranya adalah :

  1. Tuntutan meminimalkan kejahatan dan kezhaliman menurut kesanggupan
  2. Melakukan mudharat yang paling ringan
  3. Melepaskan nilai yang paling tinggi lalu turun ke kenyataan yang terendah, dari sinilah keluar kaidah : Adh Dharurat yubihul Mahzhurat “Dharurat membolehkan yang dilarang”
  4. Penahapan (Tadaruj)

(Fiqih Daulah dalam Persfektif Al Quran dan Sunnah, Dr. Yusuf Qardawi, Pustaka Al Kautsar, Hal. 258)

 

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: