Sebentar Lagi Mouse Tak Laku, Kenapa ?


Ruaaaar Biasa bro . . . . Sekarang tekhnologi berpacu dengan cepat, semua orang sekarang pasti merasa bahwa teknologi sudah sedemikian berkembang, semua orang dimanjakan dengan penemuan-penemuan teknologi yang mumpuni. Namun mungkin anggapan itu tak berlaku bagi parapengguna PC, laptop dll yang mungkin malah seringkali susah untuk menggunakan jari jemarinya klak-klik . Nah sekarang ada beberapa alternatif pengganti mouse anda . .

  1. Touchscreen, merupakan suatu piranti elektronika yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai output (penampil UI) dan sebagai input perintah. Saat ini layar bertipe touchscreen banyak digunakan pada laptop, PDA, Handphone, kamera digital, Mp3 player, dan bahkan mesin foto copy.
  2. Skinput adalah teknologi terbaru yang sedang dikembangkan oleh Chris Harrison di Carnegie Mellon University dan Dan Morris & Desneay Tan di Microsofts research lab di Redmond, Washington. Teknologi Skinput memanfaatkan kulit anda sebagai media untuk mengontrol komputer maupun gadget lainnya.Dengan menggunakan sensor yang diletakkan di lengan, setiap sentuhan di setiap bagian akan dapat mengontrol banyak hal. Sensor yang ada dapat membedakan kerasnya sentuhan di setiap titik sehingga perbedaan tersebut bisa digunakan untuk membedakan control yang diinginkan. Teknologi ini juga bisa dipadukan dengan Pico Proyektor yang akan menampilkan menu di kulit anda dan kemudian bisa kita gunakan seperti sebuah keyboard atau gamepad kalau perlu.
  3. Tobii Eye Tracking,  Kita mengendalikan monitor kita dengan mata kita, yang dengan harapan perusahaan pada akhirnya akan menjadi andalan dalam elektronik konsumen dan diadopsi oleh produsen PC di tahun-tahun yang akan datang. Proyek ini merupakan akibat langsung dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2001 di Stockholm Royal Institute of Technology. Tobii memiliki Windows banyak 8-berbasis demo di tangan untuk menunjukkan teknologi futuristik, termasuk galeri foto yang memungkinkan kita untuk menavigasi melalui gambar dengan menggeser pandangan kita dan memperbesar sebuah foto yang dipilih dengan berfokus pada itu. Sebuah demo web browser menggulir secara otomatis mata kita membaca teks pada layar. Bahwa ruang bertema EyeAsteroids permainan kami katakan tentang sebelumnya juga dipajang penuh.
  4. Browser Cat,  Dari namanya saja sudah ada kecenderungan untuk berlawanan. Jika perangkat yang umum digunakan adalah Mouse (tikus), maka perangkat dari Adesso ini dinamai Browser Cat (kucing).
    Nah, cara kerjanya juga cukup nyleneh. Browser Cat adalah sebuah touchpad seperti yang umum terpasang pada perangkat komputer jinjing saat ini. Namun ia berupa aksesoris terpisah yang bisa dipasangkan via USB ke komputer apapun. Bedanya dengan touchpad pada umumnya, Browser Cat memiliki area khusus untuk scrolling (baik Vertical maupun Horizontal).
  5. Magic Trackpad, bisa mengerjakan semua fungsi mouse hanya dengan sentuhan jari-jari tangan. Magic Trackpad adalah produk baru yang diperkenalkan Apple. Bentuknya berupa papan aluminium yang permukaannya dilapisi kaca. Bukan sembarang papan karena di dalamnya dilengkapi sensor sentuh multitouch.  Pada dasarnya, Magic Trackpad sama saja dengan touchpad pada Macbook Pro. Teknologi yang digunakan juga sama. Namun, ukurannya 80 persen lebih besar sehingga lebih leluasa untuk sandaran tangan. Koneksi ke komputer tidak perlu kabel karena menggunakan bluetooth yang bisa dipakai hingga 10 meter dari komputer. Daya listriknya menggunakan dua baterai ukuran AA NiMh yang telah disertakan Apple. Sebagai pelengkap, juga tersedia charger untuk isi ulang baterai tersebut.
  6. Yang ini rada mirip dengan Touchscreen, bedanya kita tidak menyentuh layar tapi cukup dari atasnya (dari udara).  Surface Everywhere: mungkin kita pernah melihat film – film fiksi yang terdapat layar yang melayang”  di udara, yang dapat kita sentuh dan operasikan, yang saya ingat sih film Iron Man, dan mungkin banyak film-film yang lain. Nah sekarang Microsoft mencoba mewujudkan hal itu dengan mencoba membuat sebuah layar touch screen yang dapat ditempat kan di mana saja, bahkan di udara. Weeh mantap..

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

2 responses to “Sebentar Lagi Mouse Tak Laku, Kenapa ?

  • Adiw We

    salam kenal dari Barito Kuala..
    Sepertinya saya akan tetap menggunakan Mouse, entah kenapa. Rasanya lega aja..he3 (ini link blog pribadi saya)

    • aviv

      Salam kenal juga, kayknya sih emng masih lama transisinya namun skarang kita sudh mulai merasakan beberapa produk komunikasi yang tidak menggunakan mouse beredar dipasaran // Barito kuala di marabahannya kah ? Terima kasih atas kunjungannya, semoga kerasan dan “kada dulak”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: