Akhir Perjalanan Sampah


Salah satu manajemen dalam sebuah Kota, adalah manajemen sampah. Perputaran sampai mulai dari Rumah Tangga dan  Lingkungan lalu masuk ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) lalu diangkut dengan menggunakan Gerobak Sampah/Motor Pengangkut Sampah/Truk Sampah yang akhirnya dikumpulkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Semua perjalanan panjang ini dimulai dari budaya dan semangat masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, bahkan dalam membuang sampah juga harus diperhatikan apakah ini sampah basah atau kering, sampah organic apa non organic.

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ataupun  Gerobak Sampah/Motor Pengangkut Sampah/Truk Sampah mungkin sudah sering kita lihat, nah sekarang tahukan kawan-kawan kemanakah akhir dari perjalanan sampah di kota kawan-kawan ? atau pertanyaan lain yang sama jawabannya, Tahukah kawan-kawan dimana Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di kota kawan-kawan?

Nah . . .Mugkin tidak semua kita pernah sampai berkunjung ke TPA di kota kita masing-masing. Adapun di kota saya (Kota Kandangan, Kab. Hulu Sungai Selatan) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah berada di Daerah Sungai Raya menuju daerah Malutu Padang Batung.

Tempat Pembunagn Akhir (TPA) yang lama yang sudah tidak difungsikan dan sudah tidak diurusi lagi

Tempat Pembunagn Akhir (TPA) yang lama yang sudah tidak difungsikan dan sudah tidak diurusi lagi

Disana terdapat dua Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, kalau kita memasuki daerah itu maka kita akan menemui lebih awal Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang lama, dan setelah beberapa ratus meter maka akan kita temui Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang baru, dan di tempat yang baru ini terlihat pengelolaanya lebih baik, professional dan sesuai standar. Sedangkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang lama sudah tidak terurus lagi, dan terlihat pengelolaannya dulu kurang bagus.

 

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang baru

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang baru

Buanglah sampah pada tempat

Dengan kita membuang sampah maka kita sudah berperan dalam menjaga kelestarian hidup anak cucu kita..

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: