Toilet di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi


Bagi orang yang pertama kali ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi maka fasilitas yang akan sangat dicari adalah Toilet. Karena saking luasnya masjid, terutama masjidil haram, kadang untuk menemukan toilet ini sangatlah sulit.

Di kedua masjid ini Toilet berada di halaman Masjid, dan kita harus turun ke lantai bawah tanah (Ground Floor), dan Toilet ini terdiri dari 2 lantai bawah tanah. Ketika musim haji, dan ketika puncak-puncak kepadatan jama’ah maka toilet akan selalu sesak, maka pilihan yang lebih tepat  adalah turun  ke toilet lantai 2, karena biasanya disana rada lebih longgar.

Photo-0358

 

Photo-0360

 

Photo-0359

 

Photo-0356

 

Tapi kalau untuk wudhu, maka tempat wudhu ada halaman masjid, namun sebagian jama’ah juga banyak yang menggunakan air zam-zam yang disediakan untuk diminum sebagai air wudhu.

Tempat Wudhu di halaman Masjidil Haram, hal ini tidak terdapat di Masjid Nabawi. Jadi kalau mau wudhu di Masjid Nabawi maka harus pergi ke Toilet (Lantai Bawah Tanah)

Tempat Wudhu di halaman Masjidil Haram, hal ini tidak terdapat di Masjid Nabawi. Jadi kalau mau wudhu di Masjid Nabawi maka harus pergi ke Toilet (Lantai Bawah Tanah)

Iklan

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Semasa Mahasiswa sempat aktif di LDK, SKI, Bem, Senat, Paham, KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Tengah, Kal Sel menikah dengan seorang akhwat bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 3 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq dan Muhammad Thoriq Az Ziyad Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: