Toilet di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi


Bagi orang yang pertama kali ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi maka fasilitas yang akan sangat dicari adalah Toilet. Karena saking luasnya masjid, terutama masjidil haram, kadang untuk menemukan toilet ini sangatlah sulit.

Di kedua masjid ini Toilet berada di halaman Masjid, dan kita harus turun ke lantai bawah tanah (Ground Floor), dan Toilet ini terdiri dari 2 lantai bawah tanah. Ketika musim haji, dan ketika puncak-puncak kepadatan jama’ah maka toilet akan selalu sesak, maka pilihan yang lebih tepat  adalah turun  ke toilet lantai 2, karena biasanya disana rada lebih longgar.

Photo-0358

 

Photo-0360

 

Photo-0359

 

Photo-0356

 

Tapi kalau untuk wudhu, maka tempat wudhu ada halaman masjid, namun sebagian jama’ah juga banyak yang menggunakan air zam-zam yang disediakan untuk diminum sebagai air wudhu.

Tempat Wudhu di halaman Masjidil Haram, hal ini tidak terdapat di Masjid Nabawi. Jadi kalau mau wudhu di Masjid Nabawi maka harus pergi ke Toilet (Lantai Bawah Tanah)

Tempat Wudhu di halaman Masjidil Haram, hal ini tidak terdapat di Masjid Nabawi. Jadi kalau mau wudhu di Masjid Nabawi maka harus pergi ke Toilet (Lantai Bawah Tanah)

About aviv

Pemerhati Sosial Politik Keagamaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, H. Muhammad Afif Bizri, SHI, SH, M.Hum, lahir di Kandangan pada 12 Oktober 1981. Menimba ilmu sejak TK sampai MTsN di Kota Kandangan, lalu melanjutkan di Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri (MAKN) Martapura lulus tahun 2000 lalu Kuliah S1 dan S2 di Malang, Jawa Timur. Sejak dari awal suka berkecimpung dalam dunia organisasi, semasa SD - MTsN aktif di OSIS dan Pramuka. Mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) 1996 di Cibubur, Wakil Ketua OSIS ketika MTsN, dan pengurus inti di OSIS ketika dijenjang aliyah. Ketika Mahasiswa sempat aktif di beberapa organisasi seperti LDK, SKI, BEM Universitas, Senat, PAHAM dan KAMMI. Sekarang menjadi Abdi Negara dan Masyarakat di Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, berdomisili di Hulu Sungai Selatan, Kal Sel menikah dengan seorang perempuan bernama Mahmudach, S.ST. Bersama sama merajut tali kehidupan menuju Ridha Ilahy. Sekrang sudah dikarunia 4 orang anak, Muhammad Faiz Al Fatih, Muhammad Aqsha Ash Shiddiq, Muhammad Thoriq Az Ziyad dan Muhammad Hammas Al Izzat Lihat semua pos milik aviv

Tinggalkan komentar